Cara Meladeni Orang yang Konspirasi

Teori konspirasi tetap bertambah menarik daripada banyak membaca untuk mengenali informasi sebetulnya. Banyak teori konspirasi yang menyebar seperti konspirasi Bumi datar, pendaratan di Bulan palsu, sampai yang paling baru konspirasi COVID-19.

Jadi, kenapa ada yang tertarik pada teori konspirasi? Serta bagaimana kita melakukan komunikasi dengan mereka yang sangat yakin kepadanya?

Teori konspirasi memberi keterangan naratif mengenai kenapa satu hal jelek berlangsung, tutur Dr Colin Klein, profesor rekanan di Australian National University College of Arts and Social Sciences.

Berikut banyak hal yang bisa Anda kerjakan:

1. Coba jauhi tema perbincangannya

Elizabeth Shaw, CEO yayasan Relationships Australia NSW, menjelaskan memperdebatkan teori konspirasi akan berbuntut pada jalan buntet.

Yang bermakna, bukti apa saja yang kita coba beri pasti tidak diterima atau mungkin tidak memberikan keyakinan di mata mereka.

“Sekali seorang sangat yakin, susah untuk memberikan keyakinan mereka salah dengan bukti,” kata Dr Klein.

2. Janganlah lekas menampik perbincangan

Jika tema ini ada, Anda bisa coba mengeduk bertambah kenapa rekan atau orang dekat Anda dapat yakin suatu hal.

3. Mendekati dengan kebaikan serta tolak bujukan untuk menghina

Elizabeth menjelaskan jika Anda mulai mendakwa mereka aneh, mereka pasti bela diri semaksimal mungkin.

Dibanding melakukan, lebih bagus memberitahukan bila Anda tidak berupaya untuk mengganti pemikiran mereka, dan juga tidak ikuti jejak mereka.

“Mengakui saja jika kalian berpendapat yang lain,” pendapat Elizabeth.”Tanyakanlah pada mereka, apa ini jadi permasalahan buat kita, serta jika iya, apakah yang seharusnya kita kerjakan?”

Elizabeth menjelaskan dengan lakukan bahasan ini, maka semakin lebih pecahkan permasalahan, daripada memperdebatkan tema yang tidak akan habis-habisnya.

4. Terkadang lebih bagus sepakat tidak untuk sepakat

5. Untuk jalinan persahabatan, jangan pikirkan ketidaksamaan

“Saya pikirkan apa yang perlu Anda tanyakanlah pada diri kita ialah: Adakah langkah lain supaya jalinan yang telah terikat bertambah lebih berarti?” papar Elizabeth.

Leave a Reply

Your email address will not be published.